Kesombongan

Posted by FIENSO.com on 10:56:00 AM
عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلّى الله عليه وسلم : “لا يدخل الجنة من كان في قلبه مثقال ذَرَّة من كِبْر فقال رجل : إن الرجل يحب أن يكون ثوبه حسناً، ونعله حسناً؟ فقال: إن الله جميل يحب الجمال. الكبْر: بَطْر الحق، وغَمْط الناس” رواه مسلم

Dari ibnu mas’ud-semoga Allah meridhoinya- berkata : Rasulullah-shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : “Tidak akan masuk kedalam surga orang yang dihatinya ada kesombongan meskipun seberat biji sawi.
Lalu ada yang bertanya : sesungguhnya seseorang itu sangat senang kepada baju dan sandal yang bagus ? maka beliau berkata : "Sesungguhnya Allah Maha Indah dan mencintai keindahan. Sombong itu adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia“. HR Muslim.

Dikisahkan ada seorang pria yang bertamu di rumah seorang Ustadz tertegun keheranan. Dia melihat Sang ustadz sedang sibuk bekerja sendiri menyikat lantai rumahnya sampai bersih.

Pria itu bertanya: “Apa yang sedang anda lakukan Pak ustadz ?”.

Sang ustadz menjawab: “Tadi saya kedatangan tamu yang meminta nasehat. Saya berikan banyak nasehat yang bermanfaat. Namun, setelah tamu itu pulang saya MERASA jadi orang Hebat. Kesombongan saya mulai muncul, karena itu, saya lakukan PEKERJAAN INI untuk membunuh perasaan SOMBONG.”

SAUDARAKU..

SOMBONG adalah PENYAKIT yang sering menghinggapi kita semua, benih-benihnya kerap muncul tanpa kita sadari.

SOMBONG bisa disebabkan karena FAKTOR MATERI.. di mana kita merasa : ~ Lebih KAYA, ~ Lebih TAMPAN, ~ Lebih RAPI... dari pada orang lain.

SOMBONG bisa juga disebabkan karena FAKTOR KECERDASAN.. kita merasa: ~ Lebih PINTAR, ~ Lebih KOMPETEN ~ Lebih BERWAWASAN dibandingkan orang lain.

SOMBONG bisa juga disebabkan karena FAKTOR KEBAIKAN, kita sering menganggap diri: ~ Lebih TAAT, ~ Lebih PEMURAH, ~ Lebih IKHLAS dibandingkan dengan orang lain.

Yang menarik...., Semakin Tinggi tingkat KESOMBONGAN kita, semakin sulit pula kita mendeteksinya.

SOMBONG karena MATERI mudah terlihat, namun SOMBONG karena PENGETAHUAN, apalagi SOMBONG karena KEBAIKAN, SULIT TERDETEKSI, karena seringkali hanya berbentuk benih-benih halus di dalam batin kita..!!

Cobalah setiap hari, kita INTROSPEKSI diri kita, karena sesungguhnya setiap hal yang baik dan yang bisa kita lakukan, hakekatnya.. semua adalah hanya karena "PERTOLONGAN ALLAH".. dan sekali-kali bukan karena kepandaian kita..

Untuk itu.. jauhilah KESOMBONGAN, karena ia hanya akan membawa kita pada KENISTAAN dan KEJATUHAN yang sangat mendalam.

Dikatakan (kepada mereka): “Masukilah pintu-pintu neraka Jahannam itu, sedang kamu kekal di dalamnya”. Maka neraka Jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri” (QS. 39 :72)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya :

“Maukah kamu aku beritahu tentang penduduk neraka? Mereka semua adalah orang-orang keras lagi kasar, tamak lagi rakus, dan takabbur (sombong).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tetaplah BERSABAR, RENDAH HATI sebab KADANG orang yang KITA HADAPI ternyata LEBIH HEBAT dari KITA.

Semoga ALLAH Berkenan Memasukkan kita semua dalam golongan orang-orang yang TERHINDAR dari KESOMBONGAN dan termasuk dalam golongan orang-orang yang BERSABAR, RENDAH HATI dan memperoleh PETUNJUK, TAUFIQ serta RIDHO-NYA.

Baarakallahu fiikum Semoga bermanfaat

Aamiin Teguh S
PH: 08567789372‎
WA: 087782690429‎
PIN 2BFAAC90‎
E- teguh@jpnn.com
www.jpnn.com
Cenderawasih Pos Grup
Lombok Post Grup‎
Reactions:
Categories: